Ternyata Beginilah Cara Mudah Untuk Menjual Unit Apartemen Yang Sudah Over Kredit


Jika anda ingin menjual salah satu unit apartemen yang masih berada dalam proses KPA tentu bukan sesuatu yang susah untuk dilakukan. Pada kesempatan kali ini, kami akan berikan beberapa cara mudah untuk menjual unit apartemen yang tentu sudah mengalami over kredit bagi Anda yang mungkin sedang ingin menjual apartemen KPA milik pribadi atau pun kepunyaan orang lain.

Saat ini telah ada banyak sekali keringanan yang ditawarkan dari beragam pihak bank bagi Anda mengenai permasalahan ini, dan pada dasarnya penjualan unit seperti ini merupakan hal yang biasa dilakukan dan sangat menguntungkan pihak penjual maupun pihak pembeli itu sendiri. Cara-cara ini juga dibarengi dengan beberapa trik ampuh agar over kredit apartemen Anda tidak merugi banyak.

  • Cara jual apartemen yang sudah over kredit yaitu dengan menjual kembali kepada pihak bank penyedia KPA. Namun, cara ini jarang digunakan nasabah KPA, karena dari sisi harga sangat kurang menguntungkan untuk penjual, meskipun dari segi kecepatan proses relatif cukup cepat. Perhatikan dengan cermat dan teliti sebelum Anda menentukan sarana penjualan apartemen over kredit milik Anda atau pun milik orang lain.
  • Sebelum menjual apartemen Anda, ada baiknya jika Anda menghitung terlebih dahulu, jumlah cicilan yang telah Anda bayarkan, serta biaya-biaya yang sudah Anda keluarkan untuk unit ersebut.
  • Lalu yang berikutnya adalah dengan menghitung sisa kredit yang harus di bayarkan. 
  • Lakukan appraisal harga apartemen Anda itu. Appraisal sebaiknya dilakukan oleh pihak yang memang handal dibidangnya untuk melakukannya, seperti appraiser dari Bank, Agen properti, atau appraiser independen yang memiliki lisensi resmi, biasanya dari MAPPI (Masyarakat Profesi Penilai Indonesia), di mana melakukan ini akan membantu Anda untuk melihat harga pasar apartemen itu.
  • Dengan tau akan harga pasar serta biaya-biaya plus cicilan yang telah Anda keluarkan, Anda bisa menentukan harga jual yang pantas untuk unit Anda ditambah sisa cicilan yang harus dibayarkan oleh sang pembeli nantinya.
  • Kemudian selanjutnya adalah dengan membuat surat pemberitahuan mengenai pengalihan kredit yang kelak diberikan ke bank, menyatakan pemberitahuan soal peralihan hak atas tanah dan bangunan dan hak-hak penjual telah beralih kepada si pembeli. Surat ini wajib disiapkan oleh penjual dan bisa dilakukan dengan bekerja sama pihak notaris. Barulah kemudian, surat itu diberikan ke pada pihak bank yang memberi kredit. Dengan alasan ini, pihak bank akan melanjutkan proses alih debitur lama ke debitur baru nantinya.
  • Cara jual apartemen over kredit yang lainnya adalah dengan melakukan promosi apartemen Anda melalui portal jual beli properti atau media cetak harian jika Anda sudah mengetahui harga jual apartemen. 

Anda juga bisa meminta bantuan Agen properti untuk membantu menjualkan rumah Anda, atau menggunakan jasa pemasaran terbaik yang ada di Indonesia. Untuk keperluan pengiklanan properti, mereka tentu selalu siap untuk merekomendasikan Anda untuk menggunakan cara-cara terbaik. Mereka membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi juga jenis unit lainnya seperti rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran.

Jika rumah yang Anda angsurkan masuk dalam ketegori apartemen subsidi, biasanya ada aturan yang ada untuk penjualan apartemen bersubsidi, misalnya untuk rusunami, Anda wajib menempati selama 20 tahun lebih dulu. Jangan lupa untuk selalu melihat mengenai hal-hal legal seperti hal diatas tadi kepada pihak pengembang gedung, karena jika Anda tidak mengetahui dan mematuhi aturannya, kemungkinan ada proses hukum yang siap menanti.

Jual Apartemen Jakarta Selatan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *